Home about IT Motivation Course Sales Project About Me

Sunday, February 28, 2010

Fungsi Terbilang / Spell Number in bahasa di crystal report

Pada Crystal report terdapat fungsi string "ToWords" yaitu untuk spell number atau number to word. Gunanya untuk merubah angka bilangan menjadi huruf, tapi dalam english.
contoh:
UpperCase (ToWords ({@jumlah},0) + " ONLY " )
dimana @jumlah adalah: Sum ({Transaksi.Amount})
maka script diatas akan merubah hasil SUM dari tabel Transaksi , kolom Amount.
menjadi huruf dalam english, dengan suffic ONLY

Bila ingin membuat fungsi terbilang dalam bahasa Indonesia (number to text) untuk di Crystal report pakai dua file berikut:
- CruflFor.dll
- CruflBil.dll
sebelumnya register dulu dua file diatas ke c:\windows\crystal
dan cari pada bagian additional fuction di crystalreport
contoh penggunaannya, misal untuk terbilang rupiah pada lembar kwitansi

@jumlah=Sum ({Transaksi.Amount})
@format=ForTerformatFormNilai ({@jumlah})
@terbilang = AngTerbilangDekbilang ({@format}) + ' Rupiah.'

Oh ya: kolom Amount harus bertype data angka seperti: money, integer,decimal
agar bisa di SUM.

untuk dua file diatas: CruflFor.dll dan CruflBil.dll, silaken email ke ane.

21 comments:

Anonymous said...

File
- CruflFor.dll
- CruflBil.dll

dapetnya dari mana ?
:) ane bingung nih gan,,

chandra tampubolon said...

Gan tolong kirim File
- CruflFor.dll
- CruflBil.dll

ke e-mail saya ya:
chandra.eri@gmail.com

makasih gan

Unknown said...

gan, bisa kirim file-filenya ke email saya:

hendra.prastiawan2@gmail.com

Terima kasih gan sebelumnya. butuh cepat gan? :)

Widi Prasetyo said...

Bro, tolong kirim File
- CruflFor.dll
- CruflBil.dll

ke e-mail saya ya:
sapoelidiez@gmail.com

makasih yahh

Anonymous said...

minta donk
hipni_doank@yahoo.co.id

Anonymous said...

Bro, tolong kirim File
- CruflFor.dll
- CruflBil.dll


email : hadisworo@gmail.com

yose rizal said...

Gan bisa tolong kirimkan file:

- CruflFor.dll
- CruflBil.dll

ke email saya:

youmun2002@gmail.com

Anonymous said...

gan, tolong email ke ane 2 file itu

tungjaya@yahoo.com

makasih gan

ashitarinanti said...

mau dong
- CruflFor.dll
- CruflBil.dll

ke ashita.rinanti@gmail.com
thankyou

ashitarinanti said...

mau dong

- CruflFor.dll
- CruflBil.dll

ke ashita.rinanti@gmail.com
makasih

Adi Kurniadi said...

gan, tolong email ke ane 2 file itu

adikurniadi86@gmail.com

makasih gan

Anonymous said...

Asslamualakum... gan boleh minta file
- CruflFor.dll
- CruflBil.dll

klo boleh tolong kirim ke emalil ane ya yg ini : fajar.maulana@yahoo.com

thanx banyak ya gan...

sis said...

Gan ane minta file nya ya
- CruflFor.dll
- CruflBil.dll

tolong kirim ke e-mail saya ya:
gagat.1213i@gmail.com

makasih gan

sis said...

Gan ane minta file nya ya
- CruflFor.dll
- CruflBil.dll

tolong kirim ke e-mail saya ya:
gagat.1213@gmail.com

makasih gan

arya025 said...

Gan tolong kirim File
- CruflFor.dll
- CruflBil.dll


Aryanji025@rocketmail.com

alvianzul said...

Gan tolong kirim File
- CruflFor.dll
- CruflBil.dll

ke alvianzulkhaizar@gmail.com dong

Anonymous said...

Gan tolong kirim File
- CruflFor.dll
- CruflBil.dll

ke zainularifin_grs@yahoo.co.id dong, makasih

wisata bromo murah said...

untuk dllnya bisa didownload sini
http://www.tusfiles.net/qu2bkkrq504v

Unknown said...

gan minta filenya dong

Unknown said...

Bisa di kirim untul 2 film dll nya ke email simple46plan@gmail.com

Terimakasih

anwar said...

Gan bisa tolong kirimkan file:

- CruflFor.dll
- CruflBil.dll

ke email saya:

itsolution0411@gmail.com