Home about IT Motivation Course Sales Project About Me

Thursday, January 22, 2009

Business Intelligence Conference 2009

akhirnya bisa juga join ke Business Intelligence Conference 2009 -nya Microsoft Indonesia di hotel sangri la. meski pake ambil cuti 1 hari di kantor. Paling tidak nambah wawasan, biar kaga' katak dalam tempurung. Masak IT kok kerjanya angkat - pasang projector dan screen-nya. Apa kata dunia ? sedih deh kalo ayah-bunda tahu pekerjaan harianku. office boy gitu loh.

mengapa BI ?

Now more than ever before, you need to get the right information to the right people faster. Microsoft Business Intelligence (BI) solutions can help everyone in your organization quickly access the timely, relevant, and accurate information that drives better decision making and impacts your bottom line.


Why Microsoft BI?

menurut mereka: Because Microsoft business intelligence solutions are delivered in environments that you already work in today—Microsoft Office Excel, Office Outlook, and Office SharePoint Server 2007—there’s no need for week-long training courses or complicated books and manuals. And the products are integrated and interoperable from top to bottom, so you don’t need to get used to different user interfaces for all the different product versions in production. You’ll require less support time from IT and less training time for everyone to get started using the tools.

Microsoft Business Intelligence (BI) solutions can help you improve business performance by driving better decision making. Powered by Microsoft SQL Server and delivered through the familiar Microsoft 2007 Office system front-end, Microsoft business intelligence solutions work together to provide value to users of all types across your organization.

Basically solusi BI M$ bisa dibagi jadi 3 bagian:
1. Analytic
2. Monitoring
3. Planning & Budgeting

1. Analytic
Dalam solusi BI Analytic data dikonsolidasikan dari OLTP ke data warehouse dengan menggunakan ETL tool (SSIS kalo di SQL Server). Kemudian data yang ada di data warehouse diubah menjadi struktur yang memungkinkan user untuk melakukan analisa dengan mudah, struktur ini disebut OLAP cube (tool SSAS kalo di SQL Server).
Setelah data di-proses di OLAP data bisa disajikan ke user menggunakan beberapa BI front end tools (kalo di M$ PerformancePoint Server, Excel, dan SSRS). Dengan menggunakan user tools tersebut, user bisa melakukan analisa multi dimensi dan menghasilkan informasi dan trend dari data yang ada di OLAP cube.

2. Monitoring
Proses awal kira2 sama dengan Analytic, tapi fungsi utamanya lebih untuk kebutuhan monitoring of para bos2 di perusahaan. Pada saat monitoring informasi yang ditampilkan sedikit berbeda dengan Analytic. Kalo di Monitoring lebih banyak menampilkan KPI (Key Performance Indicator), dan biasanya dikaitkan dengan Strategic Map perusahaan tersebut. Jika pada saat monitoring terdapat anomali atau masalah, analisa dilakukan menggunana BI Analytic. Seringkali implementasi BI monitoring ditampilkan di MOSS.


3. Planning & Budgeting.
Setelah proses monitoring & analytic berjalan dengan baik, sesuai dengan cycle business yang ada selanjutnya akan diteruskan ke proses Planning & Budgeting. Dengan adanya tools untuk monitoring & analytic, para bos bisa mengubah plan mereka jika terjadi permasalahan. Since plan bisa dibuat di cabang juga, biasanya perusahaan plan ini juga harus di konsolidasikan ke HQ. Proses konsolidasi ini yang biasanya suffer.






Senin, 18 Agustus 2008 17:41 Jajang Adi Dharma

Duaberita - Saat ini trend dari suatu enterprise yang sering kita dengar adalah Datawarehouse dan Business Intelligent (BI). Telah banyak artikel - artikel yang beredar mengenai Datawarehouse maupun BI (Business Intelligent). Untuk itu dalam tulisan ini saya akan coba memaparkan sedikit mengenai apa itu Datawarehouse dalam kaitannya dengan BI.

Dalam setiap pengembangan suatu sistem/software aplikasi pastilah tidak lepas dari suatu database. Umumnya suatu data-data dari aplikasi tersebut disimpan dalam database tersebut bersifat transaksional atau yang kita kenal dengan istilah OLTP (online transactional procesing). Seiring dengan berjalan nya waktu, database tersebut akan terus bertambah, bertambah, bertambah, dan terus bertambah, sehinnga kinerja dari database OLTP tersebut tidak bisa optimal lagi. Di lain pihak dari sisi top management memerlukan data - data yang sudah menumpuk tersebut untuk kebutuhan analisa yang pada akhirnya akan di buat suatu keptusan strategis.

Untuk itu diperlukan suatu tempat atau database yang lain dengan tujuan analisa, yang dalam hal ini sifatnya adalah OLAP (online analytical procesing). Hal tersebutlah yang di sebut Datawarehouse . Jadi secara sederhana datawarehouse merupakan proses perpindahan database dari yang sifatnya OLTP menjadi OLAP.

Nah proses perpidahan dari OLTP menjadi OLAP ini adalah apa yang di sebut dengan proses ETL (extracting, trnsforming, dan loading). Salah satu contoh tools dari ETL ini adalah OWB (oracle warehouse builder). Setelah semua proses ETL telah selesai dan data t elah matang dan siap, maka diperluakan suatu report yang akan digunakan oleh end user untuk digunakan sebagai analisa. Inilah yang disebut dengen BI . Salah satu tools dari BI tersebut yang merupakan product oracle adalah BIEE (Business Intelligent Enterprise Edition).

http://www.duaberita.com/main/artikel-dua/dua-technology/32-sekelumit-datawarehouse-dan-business-intelligent-bi.html

No comments: